Selamat Datang di Portal Forum POS KB Subang

BKKBN PRIORITASKAN PEMBINAAN KESERTAAN KB JALUR WILAYAH DAN SASARAN KHUSUS

Bandung - Perwakilan BKKBN Jabar Online : Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional terus berupaya meningkatkan akses dan kualitas pelayanan KB. Salah satunya dengan menjadikan pembinaan kesertaan KB jalur wilayah tertinggal, terpencil, dan perbatasan (galciltas) serta kepulauan dan daerah miskin perkotaan atau sasaran khusus sebagai salah satu kegiatan prioritas.

“Hal ini sejalan dengan Agenda Prioritas Pembangunan ke-3, membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan” ucap Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty saat membuka Pertemuan Pemantapan (Refreshing) Pelayanan KB Bergerak bagi Pengelola Muyan (Mobil Unit Pelayanan) KB di Hotel Park Bandung, senin (2/5/16).
Dijelaskan Surya pada wilayah galciltas dan kepulauan hambatannya berupa rendahnya akses terhadap pelayanan yang berkualitas karena terbatasnya sarana dan prasarana yang ada, terutama fasilitas pelayanan kesehatan dan tenaga medis.

“Sebaliknya, penduduk yang tinggal di wilayah kumuh perkotaan mungkin memiliki fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai tapi mereka tidak mampu mengakses pelayanan yang berkualitas karena masalah ekonomi” jelasnya.

Untuk mensiasati kondisi tersebut, BKKBN sambungnya telah melakukan pelayanan KB bergerak, dengan memanfaatkan Mobil Unit Pelayanan (Muyan). “Saat ini terdapat 431 unit Muyan di seluruh Indonesia, yang bersumber dari pengadaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Subbidang KB mulai tahun 2008”

Muyan KB merupakan fasilitas pelayanan KB bergerak yang mencakup satu unit bus yang dirancang sebagai kamar operasi kecil untuk tindakan medis kontrasepsi operatif, dilengkapi dengan peralatan medis operatif dan bahan habis pakai. Beberapa pelayanan KB yang dapat diberikan di Muyan KB seperti implan, alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) atau intrauterine device (IUD), maupun vasektomi (Metode Operasi Pria/MOP).

Melalui pelayanan KB bergerak ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan pelayanan KB bagi masyarakat di wilayah galciltas dan miskin perkotaan. Surya juga berharap agar model pelayanan KB bergerak ini dapat dikembangkan pada daerah kepulauan melalui alat transportasi air (kapal) mobile.

“Pelayanan KB bergerak dapat menjadi solusi dalam memenuhi kewajiban menyediakan pelayanan KB dan kesehatan reproduksi kepada kelompok masyarakat sasaran, terutama yang kebutuhan ber-KB-nya belum terlayani (unmet need)” kata Surya.

Turut hadir bersama Surya dalam pertemuan ini, Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Wilayah dan Sasaran Khusus BKKBN, I Wayan Sundra dan Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat, Sugilar. Sementara peserta pada kegiatan ini diikuti para pengelola Muyan dari seluruh provinsi di Indonesia. (HK)
Share this post :

Posting Komentar

GALERY KEGIATAN

MEDSOS


PAPAN PENGUMUMAN




PENCANANGAN KAMPUNG KB
BBGRM KE XIII
BHAKTI KB KES TERPADU





SAFARI PIK R/M 2016


SEGERA diklsanakan
DUTA REMAJA/MAHASISWA
2016



JAMBORE PIKR/M KAB SUBANG Tahun 2016

Popular Post

 
Support : BPMKB | BKKBN JABAR | BKKBN NASIONAL
Copyright © 2014. Forum Pos KB Kab Subang - All Rights Reserved
wkcorporate@2016